Panjaitan, Santa Rina (2014) PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI STAMBUK 2011 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141129 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
7103141129 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (654kB) | Preview
7103141129 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
7103141129 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7103141129 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141129 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141129 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141129 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141129 BAB I.pdf - Published Version
Download (515kB) | Preview
7103141129 BAB V.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141129 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berorganisasi dan disiplin belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Jalan Williem Iskandar Pasar V Medan Estate. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2011 yang berjumlah 91orang. Sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini digunakan teknik acak sederhana dan diperoleh sampel sebanyak 59 orang. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menguji hipotesis, maka teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Product Moment, dan reliabilitasnya diperoleh dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linear Berganda dan untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus Uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 1,946 + 0,005X1+0.11X2. Dari hasil analisis uji t untuk variabel keaktifan berorganisasi thitung sebesar 2,391 > ttabel sebesar 1,67 dengan signifikansi 0,020 < 0,05. Dan untuk variabel disiplin belajar harga thitung sebesar 5,762 > ttabel sebesar 1,67 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil uji Anova (F) diperoleh Fhitung (25,238) > Ftabel (3,16), dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh keaktifan berorganisasi dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar adalah 0,474 atau sekitar 47,4%. Sedangkan sisanya sebesar 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara parsial dan simultan keaktifan berorganisasi, disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 Pan p |
Keywords: | keaktifan; berorganisasi; disiplin; prestasi belajar; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14240 |