IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2013/2014.

Simanungkalit, Erika Feronika (2014) IMPLEMENTASI KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103142022 COVER.pdf]
Preview
Text
7103142022 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103142022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103142022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103142022 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103142022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103142022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103142022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103142022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 BAB I.pdf]
Preview
Text
7103142022 BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103142022 BAB V.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[thumbnail of 7103142022 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103142022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasilbelajar akuntansi siswa Kelas XI AK SMK Negeri 1 Patumbak”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan mengimplementasikan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK Negeri 1 Patumbak.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak, yang beralamat di Jalan Pertahanan Ujung, Patumbak 1, Patumbak, Kab. Deli Serdang dengan subjek siswa kelas XI AK dengan jumlah 30 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana dalam tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 33,33 %. Dimana jumlah siswa yang memenuhi kriteria “aktif” dan kriteria “Sangat Aktif” sebesar 40% (12 siswa) pada siklus I menjadi 73,33% (22 siswa) untuk kriteria “Aktif” dan “Sangat Aktif” pada siklus II sehingga telah mencapai indikator keberhasilan. Dan untuk hasil belajar siswa diperoleh nilai pretes siswa yang tuntas adalah 33,33% dengan rata-rata nilai siswa 67,67. Siklus I 60% siswa memenuhi kriteria ketuntasan minimal dengan rata-rata nilai 74,33. Akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85 % siswa memperoleh nilai ≥ 75. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II 86,67% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dan rata-rata nilai 79,93 berarti telah melampaui indikator keberhasilan, sehingga penelitian berhenti di siklus II.. Untuk pengujian perbedaan yang positif dan signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan uji t dengan dk= 30 – 1= 29 pada α= 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 13,02 dan ttabel= 2,0452 sehingga thitung > ttabel (13,02 > 2,0452). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa positif dan signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa implementasi kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan Numbered Heads Together pada standar kompetensi mengelola kartu persediaan barang dagangan di kelas XI AK SMK Negeri 1 Patumbak T.P 2013/2014 membuktikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang positif dan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Sim i
Keywords: model pembelajaran; problem based learning; numbered heads together; aktivitas belajar; hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 29 Aug 2016 09:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item
View Item