Manalu, Jenni Junita (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MARKUS MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141014 COVER.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
7101141014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
7101141014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
7101141014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7101141014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7101141014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7101141014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7101141014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7101141014 BAB I.pdf - Published Version
Download (512kB) | Preview
7101141014 BAB V.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7101141014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa Kelas X SMA MARKUS MEDAN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Memahami uang dan perbankan kelas X SMA MARKUS MEDAN T.A 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA MARKUS MEDAN T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA MARKUS MEDAN, yang berjumlah 58 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas control. Masing-masing kelas berjumlah 25 orang dan jumlah seluruh sampel 50 orang. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 item, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui daya beda dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas,uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data yang diperoleh nilai rata-rata untuk kelas eksperimen pretest = 46 SD = 6,123 dan postest = 80,4 SD = 8,029. Sedangkan kelas kontrol pretes = 45,6 SD = 6,664 dan postest = 74,4 SD = 7,26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = (n_(1+) n_(2 ))-2 pada taraf α = 0,05. Dari data perhitungan hipotesis thitung sebesar 3,92 dan ttabel sebesar 1,68. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,92 >1,68 dengan kata lain hipotesis diterima. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA MARKUS MEDAN T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Man p |
Keywords: | Belajar; Hasil Belajar; Ekonomi; Model; Kooperatif; Think Pair Share; Konvensional; Perbedaan; Kelompok |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14224 |