Karo, Sarianna Br (2014) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI IPS TERPADU DI SMP NEGERI 2 BABALAN TAHUN AJARAN 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141131 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7103141131 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
7103141131 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
7103141131 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103141131 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103141131 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141131 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103141131 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141131 BAB I.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
7103141131 BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7103141131 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada bidang bidang studi IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Babalan tahun ajaran 2013 2014Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Babalan dengan populasi sebanyak 214 orang dan sampel sebanyak 139 responden. Teknik pengambilan sampel adalah proporsional random sampling dan instrument yang digunakan untuk mengukur kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 soal Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment Reliabilitas tes diuji dengan menggunankan rumus Alpha Cronbach Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear sederhana Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji tSetelah uji validitas untuk variabel X dan Y dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya keseluruhan valid Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung rtabel 0 764 0 297 untuk kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan rhitung rtabel 0 748 0 297 untuk motivasi belajar Dan hasil regresi linear sederhana diperoleh garis persamaan linear Y 21 029 0 612 Selanjutnya untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap Y digunakan rumus determinasi sehingga diperoleh r 0 563 Dan untuk uji t diperoleh thitung sebesar 13,291 sedangkan ttabel pada taraf kesalahan 5 diperoleh sebesar 1 656 berarti thitung ttabel 13 291 1 656 maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap motivasi siswa pada bidang studi IPS Terpadu di SMP Negeri 2 Babalan Tahun Ajaran 2013-2014Guru diharapkan dapat memilih metode pembelajaran yang menarik bagi siswa agar terciptanya suasana pembelajaran yang lebih baik yang diharapkan meningkatkan motivasi belajar siswa terhadap bidang studi yang diajarkan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 kar p |
Keywords: | Kreativitas; Guru; Pembelajaran; Ciri-ciri; Mempengaruhi; Motivasi; Belajar; Fungsi; Siswa; Pengaruh |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 08:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14212 |