Saragih, Ervina Nurcahaya (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS X SMA AL-HIDAYAH MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141042 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103141042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
7103141042 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7103141042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
7103141042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7103141042 TABLE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141042 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103141042 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7103141042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
7103141042 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar Ekonomi pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas X SMA Al-Hidayah Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Al-Hidayah di jalan Letda sudjono Gang Perguruan, No 4 Medan. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah total 82 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-1sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terisi dari 25 siswa dengan jumlah total 50 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen = 49 dengan Standar Deviasi = 6,77 dan nilai rata-rata postes siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining = 68,4 dengan Standar Deviasi =6,07. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 52,2 dengan Standar Deviasi = 8,17 dan nilai rata-rata postes siswa menggunakan metode konvensional =65,2 dengan Standar Deviasi = 9,18. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( Lhitung < Ltabel ) dan homogen ( Fhitung < Ftabel ). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (2,44 > 1,68), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y Pada taraf Signifikan 95 % atau alpha 0,05% dengan dk = N + N – 2 = 48.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yangpositif dan signifikan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar ekonomi Siswa Kelas X SMA Al-Hidayah Medan T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sar p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Student Facilitator and Explaining; Konvensional; Hasil Belajar; Ekonomi; Perbedaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14189 |