Sari, Novita (2014) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA AMIR HAMZAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341079 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7103341079 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (783kB) | Preview
7103341079 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7103341079 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7103341079 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7103341079 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341079 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103341079 BAB I.pdf - Published Version
Download (634kB) | Preview
7103341079 BAB V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
7103341079 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Amir Hamzah Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.Jumlah populasi pada penelitian ini 31 responden, dan dengan menggunakan teknik sampling sistematis maka jumlah sampel adalah 30 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuisioner yang terdiri atas 22 butir untuk variabel minat belajar dan 23 butir untuk variabel lingkungan belajar dengan teknik cronbach alpha diperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,900 untuk variabel minat belajar dan 0,919 untuk variabel lingkungan belajar. Teknik analisis data menggunakan keofisien korelasi sederhana dan kofisien korelasi berganda. Sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji-F dan uji-t.Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh perhitungan koefisien korelasi sederhana diketahui bahwa rx1y > rtabel yaitu 0,930 > 0,361 dan rx2y > rtabel yaitu 0,936 > 0,361. Hasil koefisien korelasi berganda bahwa Rhitung > Rtabel dimana Rhitung sebesar 0,966 dan dibandingkan Rtabel 0,361 maka hal itu menunjukkan ada hubungan yang positif minat belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) dengan prestasi belajar ekonomi (Y) pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Amir Hamzah Medan T.P 2013/2014. Dan uji-t diperoleh dengan taraf signifikan 0,000<0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh dengan taraf signifikan 0,000<0,05. Sedangkan pengujian hipotesis secara simultan diperoleh hasil =189,506 dengan taraf signifikan 0,000<0,05.Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar. 2) Ada hubungan positif dan signifikan antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar siswa. 3) Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dan lingkungan belajar dengan prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sar h |
Keywords: | Minat; Belajar; Ciri-ciri; Pembentukan; Lingkungan; Macam-macam; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14188 |