Emwiwik, Yohana (2014) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IS SMA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141038 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
7101141038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7101141038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7101141038 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7101141038 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (252kB) | Preview
7101141038 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7101141038 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7101141038 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
7101141038 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7101141038 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Jl. Kapiten Purba I Perumnas Simalingkar Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 96 orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keselutruhan populasi yaitu 96 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi.Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan SPSS 17.0, untuk variabel fasilitas belajar (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa (Y) diperoleh nilai thitung>ttabel (5,008>1,661) dan hasil yang diperoleh untuk motivasi belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y) diperoleh nilai perolehan nilai thitung>ttabel (3,988>1,661). Untuk menguji hipotesis secara simultan menggunakan uji F dengan taraf signifikansi 95% diperoleh nilai Fhitung>Ftabel (68,801>3,09). Pada perhitungan regresi linear berganda diperoleh persamaan regresi Y=32,659+0,538X1+0,396X2+e. Untuk hasil perhitungan uji determinasi (R2) diperoleh nilai koefisien sebesar 59,7% menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 59,7% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS SMA Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Emw p |
Keywords: | Fasilitas; Belajar; Sekolah; Peranan; Motivasi; Jenis-jenis; Motivasi; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14187 |