Harahap, Atika Dwiyufani (2014) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA MAMIYAI MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341012 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
7103341012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
7103341012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103341012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7103341012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103341012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341012 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341012 BAB I.pdf - Published Version
Download (461kB) | Preview
7103341012 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103341012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orangtua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA MAMIYAI Medan T.P 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan lingkungan sekolah tehadap prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA MAMIYAI Medan Jalan Bromo No. 25 Kode Pos 20216 Kelurahan Tegal Sari dan dilaksanakan pada Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA MAMIYAI Medan yang berjumlah 62 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling yaitu berjumlah 62 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan SPSS 16. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji f.Hubungan antara variabel status sosial ekonomi orangtua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA MAMIYAI Medan ditunjukkan oleh persamaan regresi berganda yaitu : Y = 43,396 + 0,320 + 0,297 . Hasil pengujian determinasi menunjukkan nilai sebesar 91,1% mengindikasikan bahwa variabel independen dalam penelitin ini yang terdiri dari status sosial ekonomi orangtua dan lingkungan sekolah mampu menjelaskan variabilitas variabel dependen sebesar 91,1%. Sementara itu, sisanya sebesar 8,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar variabel penelitian ini.Untuk uji t variabel status sosial ekonomi orangtua nilai > yaitu 2,492 > 1,670 dan variabel lingkungan sekolah nilai > yaitu 2,005 > 1,670 yang berarti hipotesis diterima. Hipotesis menunjukkan besarnya nilai Uji yaitu 302,508 > 3,15 sehingga hipotesis diterima.Kesimpulan penelitian ada pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA MAMIYAI Medan T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Har p |
Keywords: | Status; Sosial; Ekonomi; Orangtua; Lingkungan; Sekolah; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14186 |