Tambunan, Siti Hardiyati Fauziah (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341109-COVER.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7103341109-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (623kB) | Preview
7103341109-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7103341109-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7103341109-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7103341109-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341109-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341109-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341109-BAB I.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
7103341109-BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103341109-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media audiovisual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2013/ 2014.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari sesuatu yang dikenakan pada subjek selidik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa IPS kelas XI SMA Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2013/ 2014 yang terdiri dari tiga kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yang diambil secara random sampling. Kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 30 siswa dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahui normal tidaknya data penelitian tiap variabel, uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah sampel yang diambil homogen atau tidak dan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan mengggunakan rumus uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan perlakuan metode pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memperoleh nilai rata-rata 81,5 dan pada metode pembelajaran konvensional nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 73,5. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel (4,060 > 2,002) maka hipotesis diterima yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis media audio visual terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Tam p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; PBL; Media; Audiovisual; Konvensional; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14185 |