Hutajulu, Dinar Melani (2014) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA/I KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141029 COVER.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7103141029 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
7103141029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7103141029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7103141029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7103141029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103141029 BAB I.pdf - Published Version
Download (562kB) | Preview
7103141029 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh antara kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa/i kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan yang berjumlah 410 siswa. Sampel diambil mengunakan teknik Judgment Sampling, yang berjumlah 100 orang. Data yang diambil berupa nilai hasil belajar siswa. Setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas, data dapat di analisis. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tidak berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan kelas eksperimen yaitu 88% sedangkan kelas kontrol hanya 66%. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,20 sedangkan pada kelas kontrol 72,22. Dalam pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5% menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match terhadap hasil belajar siswa, dimana nilai (thitung = 4,635) > (ttabel = 1,984). Bagi sekolah SMP Negeri 3 Medan terkhusus tenaga pendidik, dapat menggunakan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam upaya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah.. Upaya yang dilakukan dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Think Pair Share dan Make A Match sebagai model alternatif dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Hut p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14182 |