Barus, Fitria Windari Br (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 STABAT TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141049 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7103141049 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
7103141049 PREFACE.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7103141049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
7103141049 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141049 TABLES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141049 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
7103141049 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
7103141049 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7103141049 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Permasalahan penelitian adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas X-IS 2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil analisis diperoleh nilai rata-rata pretest sebelum dilakukan tindakan adalah 50,56 dimana 6 siswa (16,67%) memenuhi KKM. Pada postest siklus I nilai rata-rata 73,06 dimana 20 siswa (55,56%) siswa dinyatakan tuntas. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada postest siklus II nilai rata-rata 83,61 dimana 34 siswa (94,44%) memenuhi KKM. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Analisis uji-t antara hasil belajar siklus I dengan siklus II diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,64 > 2,030. Dengan kata lain peningkatan hasil belajar ekonomi siswa antara siklus I dan siklus II adalah positif dan signifikan. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Stabat Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Bar p |
Keywords: | Belajar; Model; Kooperatif; Think Pair Share; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14181 |