Silaban, Gokmani Ismoni (2014) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA HARVARD MARTUBUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141012-COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7101141012-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
7101141012-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
7101141012-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
7101141012-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
7101141012-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7101141012-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101141012-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7101141012-BAB I.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
7101141012-BAB V.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
7101141012-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Harvard Martubung Medan Tahun Ajaran 2013/2014, 2) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Harvard Martubung Medan Tahun Ajaran 2013/2014, 3) Untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Swasta Harvard Martubung Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Harvard Martubung Medan dengan populasi sebanyak 73 siswa dan semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Uji validitas angket menggunakan teknik Korelasi Pruduct Moment.Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji t dan uji f. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 29,217+ 0,367X1 + 0,239X2. Untuk uji t lingkungan belajar diperoleh nilai thitung 4,150 dan ≥ ttabel 1.994dan signifikan 0,000 ≤ α 0,05 dan untuk motivasi berprestasi nilai thitung2,955 ≥ ttabel1,994 dan signifikan0,04 ≤ α 0,05 maka ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP swasta Harvard Martubung Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Dan untuk uji F diperoleh fhitung15,076 sedangkan ftabelpada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,13 berarti fhitung ≥ ftabel (15,076 ≥ 3,13) dan nilai signifikan penelitian 0.0000 ≤ α 0,05 maka terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Swasta Harvard Martubung Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Sil p |
Keywords: | Lingkungan Belajar; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar; Karakteristik; Variabel Penelitian |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14179 |