Gultom, Lidya Dewi Artika (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MENGAPLIKASIKAN KETERAMPILAN DASAR KOMUNIKASI DI KELAS X SMK YAPIM MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141071 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
7103141071 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
7103141071 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7103141071 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7103141071 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
7103141071 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141071 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141071 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141071 BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
7103141071 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7103141071 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi di SMK YAPIM Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YAPIM Medan Jalan Air Bersih No. 59 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK YAPIM Medan yang berjumlah 38 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai rata-rata, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan klasikal karena hanya memperoleh 57,89% jumlah siswa yang tuntas sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 89,47%. Dengan demikian model pembelajaran Index Card Match yang di laksanakan di kelas X Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kenaikan 31,58%. Dengan ini model pembelajaran Index Card Match dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran mengaplikasikan keterampilan dasar komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Gul p |
Keywords: | Model Pembelajaran; Hasil Belajar; Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14174 |