Ependi, Nurpian (2014) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 26 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709341099 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
709341099 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
709341099 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
709341099 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
709341099 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
709341099 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709341099 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
709341099 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
709341099 BAB I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
709341099 BAB V.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
709341099 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 26 Medan pada bulan September 2013 dengan populasi sebanyak 272 orang dan sampel dalam penelitian 54 orang dengan teknik proporsional random sampling. Instrument yang digunakan untuk mengukur penggunaan internet sebagai sumber belajar berupa angket yang berjumlah 25 soal dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validitas tes diuji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus Analisis regresi linier sederhana. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t. Setelah uji validitas untuk variabel X dilakukan dengan 25 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung>rtabel 0,928>0,263 untuk penggunaan internet sebagai sumber belajar. Dan hasil determinasi diperoleh R Square sebesar 0,357. Dan hasil dari regresi linier sederhana diperoleh garis linier Y=55,853+0,264X.Dan untuk uji t diperolah t hitung = 5,371 dan signifikan sebesar 0,000< 0,05 utuk variabel X maka hipotesis Ha diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu di SMP Negeri 26 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Epe p |
Keywords: | Sumber Belajar; Internet; Prestasi Belajar; Variabel Penelitian; Uji Validitas |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14172 |