Nur’aini, Nur’aini (2014) PENGARUH MOODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMK SWASTA KESATUAN MERANTI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101341003 COVER.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
7101341003 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
7101341003 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
7101341003 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (412kB) | Preview
7101341003 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7101341003 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7101341003 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7101341003 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
7101341003 BAB I.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
7101341003 BAB V.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
7101341003 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMK Swasta Kesatuan Meranti Tahun Pembelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Kesatuan Meranti yang beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 47 Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Swasta Kesatuan Meranti yang berjumlah 112 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-1 yang berjumlah 36 orang pada kelas eksperimen dan X-2 yang berjumlah 36 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) adalah pre test sebesar 42,36 dan post test sebesar 73,88 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 39,58 dan post test sebesar 65,27. Hasil pengujian hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel yaitu 3,572 > 1,6678 pada taraf signifikan 95% dan α=0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMK Swasta Kesatuan Meranti T.P 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 9 Nur p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Teams Games Tournament; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14170 |