Naibaho, Carolina Siswanti (2014) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 SIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141017 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
7103141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
7103141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7103141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7103141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
7103141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
7103141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7103141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7103141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah konsep diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri dan prestasi belajar siswa serta hubungan konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 3 kelas sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi sehingga penelitian ini disebut penelitian populasi. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi.Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa konsep diri siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014 berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata jawaban siswa terhadap angket konsep diri yaitu sebesar 2,685. Untuk prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014 berada pada kategori baik, dengan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yaitu sebesar 74,583.Hasil perhitungan koefisien korelasi diperoleh r = 0,795. Sehingga hubungan konsep diri dengan prestasi belajar siswa tergolong cukup tinggi. Dan dari perhitungan indeks determinasi diperoleh I = 63,2% artinya konsep diri memberikan kontribusi sebesar 63,2% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dari pengujian hipotesis diperoleh yaitu thitung > ttabel atau 9,9467 > 1,9855, sehingga Sehingga Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima artinya Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Siantar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Nai h |
Keywords: | Konsep Diri; Prestasi; Belajar; Hubungan; Faktor-faktor; Karakteristik |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14164 |