Nainggolan, Yohanna Thresia (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142080 COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7103142080 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (473kB) | Preview
7103142080 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
7103142080 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
7103142080 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142080 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103142080 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103142080 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103142080 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (643kB) | Preview
7103142080 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103142080 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7103142080 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz di kelas XI IPS 1 SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2013/2014, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz. Penelitian ini dilaksanakan di SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan P. Siantar No. 146 Lubuk Pakam. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 7,89% siswa tergolong yang tidak aktif, 21,05% siswa tergolong kurang aktif, 47,37% siswa tergolong kriteria cukup aktif, dan 23,68% siswa tergolong aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 7,89% siswa yang tergolong dalam kriteria kurang aktif, 15,78% siswa yang tergolong dalam kriteria cukup aktif, 52,63% siswa yang tergolong aktif, dan 23,68% siswa yang tergolong sangat aktif. Ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 20 siswa (52,63%) yang tuntas menjadi 35 siswa (92,1%) padda siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 90% siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Berdasarkan uji signifikan, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara siklus I dan siklus II dimana thitung= 10,17 > ttabel=2,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran CORE dengan Team Quiz pada materi jurnal penutup dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI IPS 1 SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Pembelajarn 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Nai p |
Keywords: | Model Pembelajaran CORE; Team Quiz; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar Akuntansi; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14159 |