Ginting, Elsi Harefa (2014) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141035_COVER.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7103141035_APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
7103141035_PREFACE.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
7103141035_ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103141035_TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7103141035_TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141035_ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103141035_CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (344kB) | Preview
7103141035_CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141035_BIBILIOGRAFI.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas belajar dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 123 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel sebanyak 94 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda , uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 17.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 36,772 + 0,305 X1 + 0,203 X2 + e. Selanjutnya variabel kreativitas belajar (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dimana t hitung sebesar 4,795 dengan nilai Sig < 0,05 atau (0.000 < 0,05), dan motivasi belajar siswa (X2) menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dimana t hitung sebesar 3,634 dengan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). secara bersama sama kreativitas belajar dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai F hitung sebesar 57,049 dengan nilai sig < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Persentase sumbangan kreativitas belajar dan dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 55,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Gin p |
Keywords: | kreativitas belajar; ciri- ciri kreativitas; motivasi belajar; motivasi intrinsik; prinsip belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14143 |