Handayani, Asry (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN CARA BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA MAMIYAI AL ITTIHADIYAH MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141011 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7103141011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
7103141011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
7103141011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103141011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7103141011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
7103141011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7103141011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103141011 BAB I.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
7103141011 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103141011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menerima pembelajaran dengan menggunakan strategi discovery dengan kelompok siswa yang dilakukan dengan strategi konvensional, (2) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang baik dengan menerapkan strategi pembelajaran discovery dan konvensional, (3) perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang kurang baik dengan menerapkan strategi pembelajaran discovery dan konvensional.Penelitian ini dilakukan di SMA Mamiyai Al Ittihadiyah Medan, tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 62 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pengambilan sampel keseluruhan (total sampling) yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah siswa 31 orang. Angket cara belajar siswa di rumah diberikan untuk mengelompokkan siswa atas cara belajar di rumah yang baik dan kurang baik. Metode penelitian dengan menggunakan quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji persyaratan normalitas dengan menggunakan Liliefors dan uji homogenitas dilakukan dengan uji Fisher dan untuk gabungan empat kelompok sel rancangan eksperimen dengan menggunakan uji Bartlett, diketahui semua kelompok berasal dari populasi yang bersifat normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α=0,05 dan dilanjutkan dengan uji Scheffe.Hasil dalam penelitian ini adalah : (1) hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery berbeda dengan kelompok siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan Fhitung=73,50 > Ftabel= 4,01 (2) hasil belajar siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang baik dan diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery berbeda dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan Fhitung= 40,59 > Ftabel=4,01, (3) hasil belajar siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang kurang baik dan diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran discovery berbeda dengan kelompok siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional dengan Fhitung= 40,59 > Ftabel=4,01. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran discovery terbukti lebih efektif secara keseluruhan baik untuk siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang baik maupun untuk siswa yang memiliki cara belajar di rumah yang kurang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.71 2 Han p |
Keywords: | strategi pembelajaran discovery; cara belajar; rumah; hasil belajar; ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14142 |