Ginting, Danti Rasnelia (2014) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KABANJAHE SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7101141002 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7101141002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (364kB) | Preview
7101141002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
7101141002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7101141002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7101141002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7101141002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7101141002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7101141002 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
7101141002 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7101141002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelelitian ini adalah apakah Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Orangtua yang memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam peneleitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 66 orang. Dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menggunakan seluruih populasi menjadi sampel. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan angket. Uji Validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus product moment dan reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpa. Uji Asumsi klasik digunakan untuk mengetahui tingkat kenormalan dan liner data digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, Uji t, Uji F, dan Koefisien DeteminasiHasil uji hipotesis pendidikan orangtua secara parsial adalah thitung=-0,251, ttabel=1,670. Diperoleh thitug < ttabel (-0,251 < 1,670) sehingga Ha ditolak dan Ho diteima yang menyatakan tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2013/2014. Uji hipotesis secara parsial (Uji-t) pada variabel pendapatan orangtua thitung = 0,074, ttabel = 1,670, hasil tersebut sesuai dengan kriteria perhitungan thitung >ttabel (0,074 < 1,670). Dari hasil tersebut maka hipotesis Ha ditolak dan Ho diterima yang menyatakan Tidak Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2013/2014. Kemudian uji hipotesis secara simultan (Uji F) diperoleh hasil Fhitung 0,031 dan Ftabel 3,14. Hasil tersebut sesuai dengan kriteria FHitung <Ftabel (0,031 < 3,14), dengan demikian Ha ditolak dan Ho diterima yang menyatakan Tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan dan pendapatan orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kabanjahe Tahun Ajaran 2013/2014. Jadi dapat disimpulkan bahwa Tingkat pendidikan dan pendapatan orangtua dalam penelitian ini tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti motivasi, nasehat orangtua, kreativitas guru dalam mengajar, minat siswa dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.071 Gin p |
Keywords: | prestasi belajar; pendapatan orang tua; siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14130 |