Sianipar, Sihol M (2014) PENERAPAN KOLABARASI MODEL PEMBALAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X 3 SMK SWASTA HKBP SIDIKALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709441046 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
709441046 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (579kB) | Preview
709441046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
709441046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
709441046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
709441046 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
709441046 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709441046 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
709441046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
709441046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
709441046 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah” rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas X AK 3 SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan penerapan kolaborasi model pembelajaran Direct Instruction dan model pembelajaran jigsaw di kelas X AK 3 SMK Swasta HKBP Sidikalang T.P 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta HKBP Sidikalang yang beralamat di Jalan Gereja No.1 Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 3 di SMK Swasta HKBP Sidikalang yang berjumlah 38 orang. Objek penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket.Teknik analisis data terdiri dari dua tahap yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil belajar pada siklus I dari 38 orang hanya 15 siswa atau ( 39,47) siswa yang tuntas dan 23 siswa atau ( 60,52%) siswa yang jumlahnya tidak tuntas dengan rata-rata 67,81 , sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sudah meningkat menjadi 28 siswa atau ( 73,68%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas 10 siswa atau ( 26,31%) dengan rata-rata 76,78 dengan standar KKM 72. Persentase tingkat motivasi siswa yang dilaksanakan pada siklus I terdapat 14 siswa ( 36,84%) memiliki motivasi sedang dan 24 siswa atau ( 63,15%) memiliki motivasi tinggi. Sedangkan pada siklus II menjadi13 siswa atau ( 34,21%) yang memiliki motivasi sedang dan 25 siswa atau ( 65,78%) siswa yang memiliki motivasi tinggi..Pengujian signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t denngan dk = 38-1 = 37 dan taraf kesalahan (α) = 5%. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 9,59 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (9,59 > 2,03). Dengan demikian peningkatan hasil belajar akuntansi siswa pada siklus I memiliki peningkatan yang signifikan dan positif terhadap hasil belajar Akuntansi siswa pada siklus II. Maka dalam hal ini Ha=X2>X1 diterima dan H0=X2=X1 ditolak.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran direct instruction dengan jigsaw dikelas X AK3 SMK Swasta HKBP Sidikalang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Sia p |
Keywords: | model pembelajaran; Direct Instruction; model pembelajaran jigsaw; motivasi belajar; hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14117 |