Simanjuntak, Dita Lasmaida (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN DENGAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 BANDAR T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142018 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7103142018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (597kB) | Preview
7103142018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7103142018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
7103142018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103142018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103142018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103142018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (558kB) | Preview
7103142018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7103142018 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Akuntansi melalui Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Time Token dengan Kontekstual.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar T.P 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS 4yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan reduksi data,penyajian data dan kesimpulan.Dari hasil observasi yang telah dilakukan diperoleh hasil aktivitas siswa pada siklus I yaitu 18% siswa tergolong kriteria aktif dan 6% tergolong dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan pada siklus II terdapat 38% siswa yang tergolong aktif dan 44% siswa yang tergolong sangat aktif yang menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan telah mencapai indikator keberhasilan penelitian. Sedangkan tes hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I terdapat 21 siswa (62%) yang tuntas menjadi 27 siswa (85%) pada siklus II. Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 80% siswa memperoleh nilai ≥70. Untuk pengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji statistik atau uji t dengan dk= 34-1= 33 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 3,52 dan ttabel = 2,03. Sehingga thitung > ttabel (3,52 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Time Token dengan Kontekstual dikelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Bandar semester genap Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar ayat jurnal penyesuaian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sim p |
Keywords: | model pembelajaran; Time Token; contextual; kolaborasi; aktivitas belajar; hasil belajar; akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14107 |