Siahaan, Lia Agustina (2014) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNINGDENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA SWASTA EKAPRASETYA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142042 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
7103142042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
7103142042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7103142042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7103142042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
7103142042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
7103142042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
7103142042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7103142042 BAB I.pdf - Published Version
Download (378kB) | Preview
7103142042 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103142042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas dan HasilBelajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi melaluipenerapan model Project Based Learning dengan strategi pembelajaran ThePower Of Two.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Eka Prasetya Medan TahunPembelajaran 2013/2014 dengan subjek siswa kelas XI IS yang berjumlah 38orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiridari 2 siklus, dimana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tesuntuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahuiaktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan jenis analisis data adalah dengandata kualitatif dan data kuantitatif.Dari hasil observasi yang telah dilakukan, diperoleh hasil aktivitas siswabelajar pada siklus I yaitu 39,47% siswa tergolong kriteria kurang aktif, 21,05%siswa yang tergolong kriteria cukup aktif, 23,68% siswa yang tergolong kriteriaaktif dan 15,79% siswa yang tergolong kriteria sangat aktif. Sedangkan padasiklus II terdapat 5,26% siswa yang tergolong kriteria kurang aktif, 5,26% siswayang tergolong kiteria cukup aktif, 50% siswa yang tergolong kriteria aktif, dan39,47% siswa yang tergolong kriteria sangat aktif yang menunjukan bahwa terjadipeningkatan aktivitas belajar siswa. Sedangkan tes hasil belajar siswa yangdilaksanakan terdapat peningkatan yaitu pada siklus I terdapat 19 siswa (50%)yang tuntas belajar menjadi 35 siswa (92,11%) pada siklus II. Sebagai indikatorketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥70. Untukpengujian signifikansi hasil belajar siswa dilakukan dengan uji statistik atau uji tdengan dk = 38 – 1 = 37 pada α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung =6,71 dan ttabel = 2,0262. Sehingga thitung > ttabel (6,71 > 2,03). Dengan kata lainpeningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha diterima.Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Project Based Learningdengan Strategi Pembelajaran The Power Of Two di Kelas XI IS SMA Swasta EkaPrasetya Medan Semester Genap Tahun Pembelajaran 2013/2014 dapatmeningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sia p |
Keywords: | model project based learning; strategi pembelajaran; the power of two; aktivitas belajar; hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14102 |