Sam, Ernawati (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN STRATEGI STUDENT RECAP PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 2 MAN 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
709141049 COVER.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
709141049 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (656kB) | Preview
709141049 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
709141049 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
709141049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
709141049 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141049 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
709141049 BAB I.pdf - Published Version
Download (591kB) | Preview
709141049 BAB V.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
709141049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah “rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntasi siswa”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi di kelas XI IPS 2 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi Student Recap. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan T.P. 2013/2014 dengan subjek adalah siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 33 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Sedangkan teknis analisis data menggunakan dua jenis data, yakni data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil observasi yang telah dilakukan pada siklus I, diperoleh hasil aktivitas siswa yang masuk dalam kategori aktif sebesar 18 siswa (54,54%) dan hasil belajar yang tuntas sebanyak 20 siswa (60,61%) dengan nilai rata-rata 81,00. Dikarenakan persentase siswa yang aktif belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 76% dan ketuntasan belajar siswa juga belum mencapai indikator keberhasilan klasikal 76%, maka penelitian ini dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, terdapat 31 siswa (93,94%) yang masuk ke dalam kategori aktif. Sedangkan dari hasil belajar siswa, terdapat 28 siswa (84,85%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 87,82. Dengan telah tercapainya indikator keberhasilan klasikal, baik aktivitas siswa maupun hasil belajar, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar akuntansi siswa yang signifikan dan positif antara siklus I dan siklus II yang diperoleh dengan membandingkan nilai thitung 10,649 > ttabel 2,036. Hasil penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write dengan strategi Student Recap di kelas XI IPS 2 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 2 Sam p |
Keywords: | model pembelajaran; think talk write; strategi student recap; aktivitas belajar; hasil belajar; hipotesis tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14096 |