Tampubolon, Fransiska Karolina (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MEMAHAMI PRINSIP-PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA YP HKBP SIDIKALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141051 COVER.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
7103141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (341kB) | Preview
7103141051 PREFACE.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7103141051 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7103141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
7103141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141051 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
7103141051 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (545kB) | Preview
7103141071 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103141051 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7103141051 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa melalui penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining di kelas X AP SMK Swasta YP HKBP Sidikalang T.P 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta YP HKBP Sidikalang Jalan Gereja No. 01 Sidikalang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Swasta YP HKBP Sidikalang yang berjumlah 44 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk meningkatkan hasil belajar memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuantitatif berupa nilai rata-rata, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa tidak memenuhi kriteria ketuntasan klasikal karena hanya memperoleh 45,45% jumlah siswa yang tuntas sehingga dilakukan siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dan memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 88,63%. Dengan demikian model pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang di laksanakan di kelas X Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan kenaikan 43,18%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Tam p |
Keywords: | model pembelajaran SFE; belajar; hasil belajar; prosedur penelitian; analisis |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 09:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14093 |