Butarbutar, Mekar N.M (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK SWASTA MARISI MEDAN T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141084 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7103141084 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (620kB) | Preview
7103141084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
7103141084 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
7103141084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103141084 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
7103141084 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar Melakukan Prosedur Administrasi di SMK Swasta Marisi Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Marisi Medan Jalan Guru Sinumba No. 2 Helvetia Timur, Kecamatan Medan Helvetia - Medan. Jenispenelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 56 orang. Sampel yang digunakan yaitu kelas X AP I yang berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X AP II yang berjumlah 28 orang siswa sebagai kelas kontrol. Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes hasil belajar berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah diujicobakan terlebih dahulu untuk mengetahui validitas, realibilitas, daya beda soal dan tingkat kesukaran soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Cooperative Script lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil analisis data menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Cooperative Script dengan nilai rata-rata pre tes 33,21 dan nilai rata-rata pos tes 75,89, sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional, nilai rata-rata pre tes 35,18 dan nilai rata-rata post tes 66,79. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung >ttabel yaitu ( 3,76> 1,67) pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan dari model pembelajaran Cooperative Script terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat Melakukan Prosedur Administrasi diSMK Swasta Marisi Medan T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 But p |
Keywords: | model; pembelajaran; cooperative script; langkah- langkah; hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14092 |