Abdi, Khairil (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN KELAS X SMK NEGERI 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141069 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7103141069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7103141069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7103141069 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7103141069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7103141069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7103141069 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7103141069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7103141069 BAB I.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7103141069 BAB V.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7103141069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih rendah. Pada kelas eksperimen pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model Problem Based Learning sedangkan pada kelas kontrol pembelajaran dilakukan dengan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X di SMK Negeri 1 Stabat tahun pembelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Stabat Tahun Pembelajaran 2014/2015 sebanyak 2 kelas yang berjumlah 78 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan sampel total yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X AP-1 dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X AP-2.Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar pengantar administrasi perkantoran dalam bentuk tes essay sebanyak 5 (lima) item. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learninglebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning adalah pre-test sebesar 37,69 dan post-test sebesar 86,28 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional adalah pre-test sebesar 35,38 dan post-test sebesar 67,18. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 10,67 > 1,674 pada taraf signifikan 95 % dan α = 0,05.Dengan demikian Ha dapat diterima dan telah dibuktikan dengan data yang sudah diambil dari penelitian yang telah dilakukan dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran problem based learningterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran kelas X SMK Negeri 1 Stabat T.P 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Abd p |
Keywords: | model; pembelajaran; Problem Based Learning; tujuan; langkah- langkah; belajar; hasil belajar; konvensional |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14091 |