Sembiring, Enggo Malem (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARETERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKUKAN PROSEDUR ADMINISTRASI DI SMK SWASTA BERSAMA BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141038 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
7103141038 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
7103141038 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7103141038 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7103141038 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141038 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141038 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141038 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103141038 BAB I.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
7103141038 BAB V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103141038 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui PengaruhModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Di SMK Swasta Bersama Berastagi Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bersama Berastagi yang beralamat di jalan Djamin Ginting, simpang ujung aji Kec. Berastagi Kabupaten Karo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Swasta Bersama Berastagi. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Kelas X-AP 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 40 orang yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share dan kelas X-AP 2 sebagai kelas kontrol berjumlah 40 orang yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes hasil belajar mata pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis yang diajukan sebagai acuan untuk membuat kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Think Pair Sharelebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaranThink Pair Shareadalah pre test sebesar 40,38 dan post test sebesar 70,25 sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 38,13 dan post test sebesar 63,63. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung> ttabel yaitu 2,75 > 1,667 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair ShareTerhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Melakukan Prosedur Administrasi Di SMK Swasta Bersama Berastagi Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Sem p |
Keywords: | prinsip; model pembelajaran; kooperatif; think pair share; konvensional; hasil belajar; prosedur; administrasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14090 |