Telaumbanua, Herdyyati (2014) PENGARUH PENDIDIKAN ORANGTUA DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141014 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7102141014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
7102141014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
7102141014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
7102141014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7102141014 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7102141014 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7102141014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (449kB) | Preview
7102141014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
7102141014 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
7102141014 BIOGRAPY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Permasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pendidikan orangtua dan pendapatan orangtua dengan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kabanjahe pada tahun akademik 2013/2014 dengan jumlah sampel sebanyak 32 orang yang diambil secara random sampling (acak). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik dan regresi linear berganda. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t parsial pada taraf signifikan (taraf kepercayaan) alpha 0,05 dengan derajat kebebasan (32-2) = 30. Dengan kriteria Ho ditolak jika dan diterima Ha jika . Dari perhitungan regresi berganda diperoleh hasil koefisien variabel Pendidikan Orangtua (X1) sebesar 5.493 menyatakan bahwa setiap terjadinya peningkatan satu satuan akan meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 5.493. Koefisien variabel Pendapatan Orangtua sebesar 1.031 menyatakan bahwa setiap terjadi peningkatan satu satuan akan meningkatkan prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 1.031. Berdasarkan hasil uji t parsial untuk variabel Pendidikan Orangtua (X1) bahwa harga (X1) sebesar 7.144 sebesar 1.697. Dengan signifikan X=0,00 < 0,05. Variabel Pendapatan Orangtua (X2) bahwa harga (X2) sebesar 1.512 sebesar 1.697. Dengan signifikan X= 0.141> 0,05. Berdasarkan uji ANOVA diperoleh nilai F_hitung sebesar 42.591 dengan tingkat signifikan sebesar 0.000, dengan signifikan 0.00<0.05. berdasarkan tabel koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0.729 sama dengan 72.9 %. Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Orangtua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sementara Pendapatan Orangtua tidak berpengaruh secara signifikan, secara korelasi berganda Pendidikan Orangtua dan Pendapatan Orangtua secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Tel p |
Keywords: | pendidikan; orang tua; pendapatan; prestasi belajar; jenis- jenis; faktor- faktor |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14087 |