Rani, Desy Eka (2014) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 STABAT T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141010 COVER.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
7102141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
7102141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7102141010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
7102141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7102141010 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141010 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7102141010 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7102141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (548kB) | Preview
7102141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7102141010 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kolaborasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Make A Match terhadap Hasil Belajar Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Stabat T.A. 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Stabat yang berlokasi di Jalan K.H. Wahid Hasyim Stabat pada T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X BM yang berjumlah 115 orang terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah random sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 38 orang. yang terdiri dari 2 kelas, dimana kelas X AK sebagai kelas eksperimen dan kelas X ADP sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah adalah tes hasil belajar dalam bentuk objektif tes sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, realibilitas tes, daya beda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Make A Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Make A Match adalah pretest sebesar 57,37 dan post test sebesar 84,34 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 58,03 dan post test sebesar 78,55. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,07 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan Kolaborasi Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan Make A Match terhadap Hasil Belajar Pengantar Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Stabat T.A. 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.071 9 Ran p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Kooperatif; Student Facilitator and Explaining; Langkah-langkah; Make a Match; Kolaborasi; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14077 |