Panjaitan, Morina (2014) PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341068 COVER.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7103341068 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7103341068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7103341068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103341068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103341068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7103341068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
7103341068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341068 BAB I.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7103341068 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103341068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa yang disebabkan oleh lingkungan sekolah yang kurang kondusif dan kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan sebanyak 149 orang. Pengambilan sampel 37 orang dan dikumpulkan secara simple random sampling.Analisis data yang digunakan regresi linear berganda. Persamaan garis linear Y= 9,348+0,533(X1)+0,461(X¬2). Dari hasil regresi liner berganda, terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Dan uji-t diperoleh thitung 3,129 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 untuk hipotesis 1 dan untuk hipotesis 2 diperoleh thitung 3,088 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini, diuji dengan uji Fhitung 214,03 sedangkan Ftabel 3,28 pada taraf signifikan 95 % dan α 5 % dengan dk = n-k-1 maka Fhitung > Ftabel . Koefisien determinasi dari hasil analisis sebesar 0,926 artinya bahwa pengaruh lingkungan sekolah dan motivasi terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 92,6 % sedangkan sisanya 7,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah dan motivasi terhadap prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Pan p |
Keywords: | Lingkungan; Sekolah; Peranan; Faktor-faktor; Motivasi; Belajar; Prestasi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14073 |