Sihombing, Debora Eloisa (2014) PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 SIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141023 COVER.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
7103141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (494kB) | Preview
7103141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
7103141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
7103141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
7103141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (528kB) | Preview
7103141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
7103141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (271kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah profesionalisme guru dan fasilitas belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar secara parsial dan simultan terhadap prestasi ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 96 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 96 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji FBerdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0 for windows diperoleh persamaan regresi linear berganda Y=24,865+0,461X1+0,220 X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profesionalisme guru (X1) memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 7.893 > 1.986. Sedangkan variabel fasilitas belajar (X2) memiliki pengaruh signifikan karena thitung > ttabel yaitu 4.047 > 1.986. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap Y pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung yang sebesar 46.452 > Ftabel sebesar 3,09. Profesionalisme guru dan fasilitas belajar memberikan sumbangsi 50 % terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0.500.Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh profesionalisme guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonommi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Siantar Tahun Ajaran 2013/2014. Maka disarankan pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait perlu meningkatkan profesionalisme setiap guru khususnya guru ekonomi di SMA Negeri 1 Siantar. Begitu juga dengan fasilitas belajar siswa di sekolah, hal ini juga perlu mendapat perhatian guna menunjang proses belajar mengajar yang dapat berlangsung dengan baik, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sih p |
Keywords: | Profesionalisme; Guru; Syarat-syarat; Kompetensi; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar; Indikator |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14071 |