Situmorang, Susi Adelina (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DEVISION DAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS X SMA RK DELI MURNI MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141146 COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
7103141146 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (928kB) | Preview
7103141146 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
7103141146 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
7103141146 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7103141146 TABLES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7103141146 APENDICES.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7103141146 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
7103141146 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7103141146 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam peneltian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision dan Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Penelitian ini dilakukan di SMA RK Deli Murni, Jalan Nogio 117, Delitua, Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dengan populasi seluruh kelas X yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 108 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan purposive sampling yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 72 siswa, dimana kelas X.II sebagai eksperimen I dan kelas X.III sebagai eksperimen II. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa yaitu tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji F dan uji-t. Dari hasil penelitian ini ditentukan nilai rata-rata hasil pretes eksperimen I yaitu 39,16 dengan SD=8,32. Dan nilai rata-rata hasil pretes eksperimen II yaitu 35,13 dengan SD=6,91. Sedangkan nilai rata-rata postes eksperimen I yaitu 81,66 dengan SD=7,46 dan nilai rata-rata postes eksperimen II yaitu 77,63 dengan SD=7,41. Berdasarkan pengujian statistik diperoleh t 2,30 pada α = 0,05 jadi t = 1,997 maka t > t atau 2,30 > 1,997 sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Devision dan Problem Based Learning pada siswa kelas X SMA RK Deli Murni Medan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sit p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Student Teams Achievement Division; Problem Based Learning; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14069 |