Limbong, Rayanti (2014) PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN PENDAPATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IS SMA NEGERI 1 PURBA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141052 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7102141052 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (438kB) | Preview
7102141052 PREFACE.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
7102141052 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
7102141052 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
7102141052 TABELES.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7102141052 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7102141052 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7102141052 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
7102141052 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7102141052 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah perhatian orangtua dan pendapatan orangtua memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Purba Tahun Ajaran 2013/2014.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perhatian orangtua dan pendapatan orangtua secara parsial dan simultan terhadap prestasi ekonomi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Purba Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Purba Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 60 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Purba Tahun Ajaran 2013/2014 berjumlah 60 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis variabel perhatian orangtua (X1) pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 6,705 > 2,002 dan pendapatan orangtua (X2) juga memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi (Y) dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,973 > 2,002. Selanjutnya secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung > Ftabel yaitu 29,449 > 3,61. Perhatian orang tua dan pendapatan orang tua memberikan pengaruh 50,8 % terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 0,508 sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar analisa penelitian ini. Sementara analisis data dengan menggunakan program SPSS 19, diperoleh persamaan regresi linier berganda Y = 49,132 + 0,317X1 + 0,210X2. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada orang tua selaku pendidik yang terutama supaya lebih memberikan perhatian kepada anaknya terutama yang masih dalam pendidikan dalam hal ini melalui pihak sekolah yaitu kepala sekolah dan lembaga pendidikan yang terkait perlu mengadakan kerjasama yang berkesinambungan dengan orang tua seluruh siswa untuk dapat sama-sama mendukung dan memberikan perhatian kepada anak didik supaya dapat semakin meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Lim p |
Keywords: | Perhatian; Pendapatan; Orang Tua; Prestasi Belajar; Macam-macam; Nasehat; Motivasi; Mempengaruhi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14065 |