Charina, Jessi (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN ROPES DENGAN SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141063-COVER.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
7103141063-LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (511kB) | Preview
7103141063-KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103141063-ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
7103141063-DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
7103141063-DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141063-DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141063-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141063-BAB I.pdf - Published Version
Download (788kB) | Preview
7103141063-BAB V.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
7103141063-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar Ips ekonomi siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kolaborasi model pembelajaran ROPES dengan Scramble yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar ips ekonomi kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Berastagi yang beralamat di Jalan Kolam Renang No.6 Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dengan jumlah 36 siswa. Adapun Objek penelitian ini adalah Penerapan model pembelajaran ROPES dengan Scramble. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Dari analisis diperoleh nilai rata- rata pre test sebelum dilakukan tindakan adalah 50,56 dimana 4 siswa (11,11%) memenuhi KKM. Pada post test siklus I nilai rata- rata 75,83 dimana 22 siswa (61,11%) siswa dinyatakan tuntas dan hasil dari hasil observasi aktivitas belajar siswa siklus I diketahui bahwa 14 orang tergolong aktif, 16 orang tergolong cukup aktif, dan 6 orang tergolong tidak aktif. Hasil pada siklus I ini belum memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada post test siklus II nilai rata- rata 85 dimana 32 siswa (88,89%) memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil observasi aktivitas siswa menunjukkan 30 orang tergolong aktif dan 4 orang tergolong cukup aktif, dan 2 orang tergolong tidak aktif. Ini berarti pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga penelitian dihentikan pada siklus ini. Sehingga dapat dikitakan bahwa adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar ips ekonomi siswa kelas VIII Smp Negeri 2 Berastagi. Berdasarkan analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi Model Pembelajaran ROPES Dengan Scramble Dapat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips Ekonomi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sem p |
Keywords: | Model Pembelajaran Ropes; Scramble; Kolaborasi; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14063 |