Damanik, Mutiara Christine (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DENGAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141088 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
7103141088 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (398kB) | Preview
7103141088 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
7103141088 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7103141088 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (250kB) | Preview
7103141088 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141088 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141088 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
7103141088 BAB I.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
7103141088 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103141088 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dengan Talking Stick.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Perbaungan yang terletak di Jalan Kartini Desa Kota Galuh Perbaungan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-1 yang berjumlah 40 orang. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan. Pada Siklus I hanya 10 orang (25%) siswa yang masuk ke dalam kriteria aktif dan sangat aktif, sedangkan dalam siklus II mengalami peningkatan yaitu ada 29 orang (72,5%) siswa yang tergolong aktif dan sangat aktif. Selanjutnya dari hasil belajar siswa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas dalam belajar hanya 22 orang (55%) siswa dengan nilai rata-rata 78,5 dan pada siklus II terdapat 32 orang (80%) siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 89,5. Hasil analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh uji t (thitung = 2,74 dan ttabel = 1,68 dan thitung > ttabel), menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang positif dan signifikan. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Make A Match dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Dam p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Make a Match; Talking Stick; Kolaborasi; Aktivitas; Siswa; IPS; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14062 |