Simarmata, Rika Oktaviana (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA PAB 2 HELVETIA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341096 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7103341096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (426kB) | Preview
7103341096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
7103341096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
7103341096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
7103341096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103341096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7103341096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
7103341096 BAB I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
7103341096 BAB V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
7103341096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Konvensional (ceramah) pada mata pelajaran kearsipan.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI AP SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pelajaran 2014/2015 pengambilan sampel secara purposive sampling dan diperolehlah dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran make a match dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional, sebelum dilakukan perlakuan yang berbeda kepada kedua kelas sampel diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen adalah 36,03 dan setelah diberikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match diperoleh hasil belajar siswa sebesar 88,97 . Sedangkan untuk siswa kelas kontrol sebelum dilakukan perlakuan diperoleh hasil belajar siswa sebesar 37,06 dan setelah diberikan pembelajaran konvensional (ceramah) diperoleh rata-rata hasil belajar kearsipan siswa sebesar 86,91. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2,16 > 1,672 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05) atau dengan taraf kepercayaan 95% sehingga hasil belajar kearsipam siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) pada mata pelajaran kearsipan. Dari hasil perhitungan gain antara post-tes dan pre-tes kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh besarnya gain pada kelas eksperimen adalah 80% dan pada kelas kontrol adalah 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 651.307 19 Sim p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Kooperatif; Konvensional; Make A Match; Belajar; Kearsipan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5546 Office management L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14058 |