PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Rahmi (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI DI KELAS XI SMA PRAYATNA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7101141027 COVER.pdf]
Preview
Text
7101141027 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
7101141027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
7101141027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
7101141027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
7101141027 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 TABEL.pdf]
Preview
Text
7101141027 TABEL.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7101141027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
7101141027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
7101141027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 BIBILIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
7101141027 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 7101141027 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
7101141027 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar Ekonomi pada mata pelajaran ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Prayatna Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan pada SMA Prayatna Medan di jalan Ledta sudjono no.403 Medan . Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah total 70 siswa. Sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing kelas terdiri dari 35 siswa dengan jumlah total 70 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berbentuk tes pilihan berganda sebanyak 20 item soal.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretes siswa kelas eksperimen =50,85 dengan Standar Deviasi =11,66 dan nilai rata-rata postes siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) =72,43 dengan Standar Devisia =15,40. Sedangkan nilai rata-rata pretes siswa kelas kontrol = 49,71 dengan Standar Deviasi = 11,11 dan nilai rata-rata postes siswa menggunakan metode konvensional =59,00 dengan Standar Deviasi = 18,82. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal ( Lhitung < Ltabel ) dan homogen ( Fhitung < Ftabel ). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung > ttabel (3,25 > 1,67), yang berarti hipotesis dapat diterima antara variabel X dan Y Pada taraf Signifikan 95 % atau alpha 0,05% dengan dk = N + N – 2 = 68.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Prayatna Medan T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 2 Rah p
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Model; Pembelajaran; Kooeperatif; STAD; Metode; Konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Intan Nurhidayati
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 25 Aug 2016 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14057

Actions (login required)

View Item
View Item