Lestari, Sri Santi (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK 2 RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103142073 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
7103142073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
7103142073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
7103142073 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
7103142073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
7103142073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7103142073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
7103142073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7103142073 BAB I.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
7103142073 BAB V.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
7103142073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Raksana Medan yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 20 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak di SMK 2 Raksana yang berjumlah 40 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes hasil belajar akuntansi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 21,63% (cukup aktif). Pada siklus II rata-rata aktivitas adalah 25,28% (aktif). Hasil pretest sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 60,8 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 70,15 atau terjadi peningkatan 9,35 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,38 atau mengalami peningkatan 8,23 poin dari siklus I. Ada peningkatan yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMK 2 Raksana Medan antara siklus I dengan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji diperoleh thitung sebesar 9,2472 dan ttabel sebesar 2,0227 yaitu thitung > ttabel yaitu 9,2472> 2,0227 yang berarti hasil belajar akuntansi siswa pada post test siklus I dan post test siklus II mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMK 2 Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 657.071 9 Les p |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Mind Mapping; Team Assisted Individualization; Aktivitas; Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14048 |