PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK 2 RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lestari, Sri Santi (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AK DI SMK 2 RAKSANA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103142073 COVER.pdf]
Preview
Text
7103142073 COVER.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103142073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103142073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103142073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103142073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103142073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103142073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103142073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 BAB I.pdf]
Preview
Text
7103142073 BAB I.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103142073 BAB V.pdf - Published Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of 7103142073 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103142073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa dengan menerapkan kolaborasi Model Pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini dilaksanakan di SMK 2 Raksana Medan yang beralamat di Jalan Gajah Mada No. 20 Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ak di SMK 2 Raksana yang berjumlah 40 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui lembar observasi dan tes hasil belajar akuntansi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 21,63% (cukup aktif). Pada siklus II rata-rata aktivitas adalah 25,28% (aktif). Hasil pretest sebelum penerapan dengan nilai rata-rata 60,8 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 70,15 atau terjadi peningkatan 9,35 poin. Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 78,38 atau mengalami peningkatan 8,23 poin dari siklus I. Ada peningkatan yang positif dan signifikan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMK 2 Raksana Medan antara siklus I dengan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji diperoleh thitung sebesar 9,2472 dan ttabel sebesar 2,0227 yaitu thitung > ttabel yaitu 9,2472> 2,0227 yang berarti hasil belajar akuntansi siswa pada post test siklus I dan post test siklus II mengalami peningkatan. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model pembelajaran Mind Mapping dengan Team Assisted Individualization dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas X Ak SMK 2 Raksana Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 657.071 9 Les p
Keywords: Aktivitas Belajar; Mind Mapping; Team Assisted Individualization; Aktivitas; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 25 Aug 2016 04:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14048

Actions (login required)

View Item
View Item