Simanjuntak, Beta R N (2014) PENGARUH ETOS KERJA GURU DAN MANAJEMEN KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA SWASTA YAPIM BIRU-BIRU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141015 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103141015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7103141015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
7103141015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
7103141015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
7103141015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103141015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103141015 BAB I.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
7103141015 BAB V.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103141015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh etos kerja guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh etos kerja guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Yapim Biru-Biru. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Yapim Biru-Biru yang beralamat di Jalan Besar Delitua Biru-Biru Kabupaten Deli serdang pada bulan April 2014. Adapun populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Yapim Biru-Biru yang berjumlah 116 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling (acak) yaitu sebanyak 40 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan angket. Validitas angket dengan meggunakan rumus product moment dan reliabilitas instrument dengan menggunakan rumus alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara parsial digunakan uji t dan secara simultas digunakan uji f. Setelah uji validitas untuk variabel X1 dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Untuk hasil uji reliabilitas angket pada variabel etos kerja guru diperoleh hasil rhitung = 0,697 > rtabel = 0,312 yang berarti dinyatakan reliable, dan untuk variabel manajemen kelas diperoleh rhitung 0,800 > rtabel = 0,312 yang berarti dinyatakan reliabel. Dari hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linier Y = 55,771 + 0,392 X1 + 0,063 X2. Untuk uji f diperoleh nilai Fhitung = 24,349 dibandingkan dengan nilai Ftabel = 3,25 pada taraf signifikan α = 0,05% yang artinya Fhitung > Ftabel. Dengan demikian Ho ditolak sehinggan hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa variabel etos kerja guru dan manajemen kelas berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2013/2014. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara etos kerja guru dan manajemen kelas terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Swasta Yapim Biru-Biru Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sim p |
Keywords: | Etos Kerja Guru; Manajemen Kelas; Pengelolaan Kelas; Prestasi Belajar; Uji Instrumen |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14032 |