Maryam, Siti (2014) PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI PROGRAM ILMU SOSIAL SMA SWASTA SINAR HUSNI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141042 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
7102141042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
7102141042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
7102141042 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
7102141042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7102141042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141042 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141042 BAB I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7102141042 BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
7102141042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI Program Ilmu Sosial SMA Swasta Sinar Husni T.A 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Program Ilmu Sosial di SMA Swasta Sinar Husni T.A 2013/2014 yang berjumlah 37 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode populasi sampel yaitu mengambil seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reabilitas nya menggunkan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi normalitas, uji multikolinearitas, uji regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Variabel gaya belajar auditori (X1) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 4,976 > 2,030. Variabel gaya belajar visual (X2) juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 5,495 > 2,030. Sama halnya dengan gaya belajar kinestetik (X3) juga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,861 > 2,030. Selain itu ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditori, visual maupun gaya belajar kinestetik secara bersana-sama terhadap hasil belajar ekonomi siswa yang dibuktikan melalui uji koefisien regresi ganda ( uji F) dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 10,017 > 3,27. Variabel dependen dalam penelitian ini juga menyumbangkan kontribusi sebesar 47,7% terhadap hasil belajar ekonomi siswa. Siswa diharapkan mampu mengetahui, mengembangkan dan memahami gaya belajar nya sebagai modalitas belajar dalam mencerna informasi pada setiap materi pelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar ekonominya. Selain itu guru juga diharapkan dapat membantu meningktakan hasil belajar ekonomi siswa dengan mengetahui potensi perbedaan gaya belajar siswa dan diharapkan mampu mengajar dengan gaya mengajar yang memadukan tiga gaya belajar siswa agar siswa yang memiliki perbedaan gaya belajar dapat menyerap informasi sesuai dengan potensi gaya belajarnya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Mar p |
Keywords: | Gaya Belajar; Siswa; Auditori; Kinestetik; Hasil Belajar; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 02:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14018 |