Silaen, Chandra T.A. (2014) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA N 1 LAGUBOTI PADA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341017 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103341017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (487kB) | Preview
7103341017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103341017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7103341017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
7103341017 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103341017 TABLE OF PICTURE.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7103341017 TABLE OF APPENDIX.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7103341017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (422kB) | Preview
7103341017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
7103341017 REFERENCE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah minat belajar dan lingkungan belajar siswa memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA N 1 Laguboti Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pelajarakelas X SMA N 1 Laguboti pada Tahun Pembelajaran 2013/2014.yang berjumlah 225 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Arikunto dan diperoleh sampel sebanyak 67 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda , uji t dan uji F. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 19.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 49,625 + 0.621 X1 + 0.017 X2. Selanjutnya variabel minat belajar (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar siswa dimana t hitung sebesar 6,848 dan t tabel sebesar 1,668 dengan nilai Sig < 0,05 atau (0.000 < 0,05), dan lingkungan belajar siswa (X2) menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dimana t hitung sebesar 0,155 dan t tabel sebesar 1,668 dengan nilai sig > 0,05 (0,877 > 0,05). secara bersama sama minat belajar dan lingkungan belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai F hitung sebesar 28,503 dan nilai F tabel sebesar 3,140 dengan taraf signifikasi 0,05. Persentase sumbangan minat belajar dan lingkungan belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 47,1 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya minat belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar,dan secara simultan minat belajar dan lingkungan belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X SMA N 1 Laguboti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sil p |
Keywords: | minat belajar; unsur- unsur minat belajar; mengembangkan minat; lingkungan belajar; prestasi belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14015 |