Reza, Muhammad (2014) PENGARUH PENINGKATAN FASILITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2011 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341073 COVER.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
7103341073 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (500kB) | Preview
7103341073 PREFACE.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
7103341073 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
7103341073 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7103341073 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341073 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7103341073 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341073 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (549kB) | Preview
7103341073 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (318kB) | Preview
7103341073 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103341073 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peningkatan fasilitas belajar di Prodi Pendidikan Ekonomi dan lingkungan teman sebaya di Prodi Pendidikan Ekonomi terhadap indeks prestasi, serta mengetahui perbedaan indeks prestasi mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 sebelum dan sesudah adanya peningkatan fasilitas belajar di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 91 Orang dan sampel menggunakan seluruh jumlah populasi. Instrument yang digunakan untuk mengukur peningkatan fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya berupa angket yang berjumlah 20 soal untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel indeks prestasi mahasiswa. Validitas tes uji dengan menggunakan teknik Korelasi Product Moment. Reliabilitas tes uji dengan rumus Alpha Cronbach. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linier berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara simultan digunakan uji f dan pengujian uji t beda untuk membandingkan indeks prestasi sebelum dan sesudah adanya peningkatan fasilitas belajar.Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrumen hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh hasil rhitung > rtabel 0,913 > 0,361 untuk fasilitas belajar dan rhitung > rtabel 0,920 > 0,361 untuk lingkungan teman sebaya. Dan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan garis linier Y=2,878+0,006 X1+0,000 X2. Dan untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 0,884, sedangkan ftabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 3,10, berarti fhitung<ftabel (0,884<3,10) maka Ha ditolak atau tidak ada pengaruh yang positif dan signifikan antara peningkatan fasilitas belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap indeks prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Angkatan 2011 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Kemudian untuk pengujian T beda diperoleh nilai signifikansi pada pengujian sebesar 0,000, maka jika dibandingkan dengan taraf signifikansi α sebesar 0,05, maka sig < α (0,000<0,05), dan terlihat bahwa rata-rata indeks prestasi mahasiswa sebelum adanya peningkatan fasilitas belajar sebesar 3,28, dan setelah adanya peningkatan fasilitas belajar rata-rata indeks prestasi sebesar 3,39, dengan demikian hipotesis diterima bahwa ada perbedaan yang positif dan signifikan indeks prestasi mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2011 sebelum dan sesudah adanya peningkatan fasilitas belajar di Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Rez p |
Keywords: | fasilitas kembali; lingkungan teman sebaya; prestasi belajar; variabel penelitian; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14011 |