Marbun, Nova Delima (2014) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141094 COVER.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
7103141094 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
7103141094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
7103141094 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
7103141094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
7103141094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7103141094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
7103141094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
7103141094 Bab I.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7103141094 Bab V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
7103141094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari empat kelas yang berjumlah 138 orang siswa. Sampel yang diambil berdasarkan Teknik Random Sampling sehingga jumlah sampel dalam penelitian adalah 58 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi (DKN). Validalitas angket diuji dengan menggunakan rumus Product Moment dengan kriteria soal dinyatakan valid dan reliabel jika rhitung>rtabel. Pengumpulan data yang diperoleh yang kemudian dihitung dengan rumus regresi linier sederhana yaitu Y= a + bx maka hasil perhitungannya regresi adalah Y= 62,620 + 0,260X, artinya apabila motivasi belajar meningkat satu satuan maka prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akan meningkat sebesar 0,260.Kemudian untuk uji hipotesis digunakan uji t-regresi dengan dk = n-2 = 58-2 = 56. Dengan menggunakan uji t regresi diperoleh diperoleh thitung sebesar 2,494 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar tabel t dengan taraf signifikan 95% atau alpha 5% diperoleh ttabel sebesar 1,68 artinya nilai thitung>ttabel (2,494>1,68), sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sidikalang Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Mar p |
Keywords: | Motivasi; Belajar; Unsur-unsur; Prestasi Belajar; Analisis Data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 01 Sep 2016 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13997 |