Hutagalung, Delima Sarma Putri (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141009 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
7102141009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
7102141009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
7102141009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
7102141009 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
7102141009 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7102141009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
7102141009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
7102141009 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
7102141009 ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (6MB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Medan T.P 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No. 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yaitu dengan menggunakan 2 kelas yaitu X AP 1 sebagai kelas eksperimen dan X AP 2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 item tes, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre tes siswa kelas eksperimen = 44,56 dengan standar deviasi = 8,82 dan nilai rata-rata post tes siswa setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning = 76,62 dengan standar deviasi = 7,25. Sedangkan rata-rata pre tes siswa kelas kontrol = 44,26 dengan standar deviasi = 8,53 dan nilai rata-rata post tes = 66,91 dengan standar deviasi = 9,21. Dari hasil analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung<Ltabel) dan homogen (Fhitung<Ftabel). Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung = 5,248 dan ttabel = 1,668. Maka hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t_(hitung )>t_(tabel ) yaitu 5,248 > 1,668 yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dengan dk n_1 + n_2 – 2 = 66. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Hut p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Problem Based Learning; Ciri-ciri; Konvensional; Hasil Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business finance. Corporation finance L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13987 |