Harahap, Nurhaima (2014) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SMK SWASTA TELADAN SUMATERA UTARA 1 TAHUN PELAJARAN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7102141033 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
7102141033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (429kB) | Preview
7102141033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
7102141033 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
7102141033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7102141033 TABLE.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7102141033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
7102141033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7102141033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kewirausahaan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI AP SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 yang terdiri dari 2 kelas. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampel yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen dan XI AP2 sebagai kelas kontrol. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal, dimana sebelumnya telah diuji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes dan tingkat kesukaran tes. Dari hasil perhitungan tes hasil belajar adalah valid dan reliabel. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah uji normalitas menggunakan uji lillifors, uji homogenitas menggunakan uji F dan uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf nyata α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Snowball Throwing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,48 > 1,671 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukk*an hasil belajar siswa dengan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Snowball Throwing adalah pre test sebesar 47,5 dan post test sebesar 78,5 sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pre test sebesar 39 dan postes sebesar 61,33. Hal ini berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan SMK Swasta Teladan Sumatera Utara 1 Tahun Pelajaran 2014/ 2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Har p |
Keywords: | Model; Pembelajaran; Kooperatif; CIRC; Snowball Throwing; Kolaborasi; Cooperative Integrated Reading |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 06:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13985 |