Cristiana (2014) PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN INQURY DAN THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA DI KELAS XIIPS SMA SWASTA BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
708310022 COVER.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
708310022 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (589kB) | Preview
708310022 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
708310022 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
708310022 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
708310022 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
708310022 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
708310022 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
708310022 BAB I.pdf - Published Version
Download (407kB) | Preview
708310022 BAB V.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
708310022 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ” rendahnya hasil belajar siswa padamata pelajaran ekonomi”. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajarekonomi siswa dengan menerapkan Kolaborasi Model Pembelajaran Inqury Dan ThinkPair Share pada materi perdagangan internasional di kelas XI IPS-1 SMA Swasta BudiMurni 2 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budi Murni 2 Medan yang beralamatdi Jln. Kapiten Purba No.24 A Simalingkar. Jenis penelitian yang digunakan adalahPenelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus dan subjek penelitian ini adalahkelas XI-IPS 1 yang berjumlah 40 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapanKolaborasi Model Pembelajaran Inqury Dan Think Pair Share untuk meningkatkan hasilbelajar ekonomi siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentukpilihan berganda dan wawancara.Dari hasil analisis data diperoleh jumlah siswa yang tuntas sebanyak 16 orangsiswa atau 40 %. Sedangkan pada tes sikus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 24 orangsiswa atau 60 % dengan nilai rata-rata 64,05 . Kemudian pada tes siklus II dengan jumlahsiswa yang tuntas sebanyak 32 orang atau 80% dengan nilai rata-rata 72,30 dari jumlahsiswa di kelas XI IPS I dengan nilai rata-rata 72,30. Sebagai indikator ketuntasan belajarklasikal ditetapkan 70% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Pada uji signifikan untuk hasilbelajar 􀝐􀯛􀯜􀯧􀯨􀯡􀯚 > 􀝐􀯧􀯔􀯕􀯘􀯟 yaitu 5,90>1,69. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II telahdiperoleh ketuntasan hasil belajar ekonomi siswa yang ditunjukkan dengan peningkatanyang signifikan positif.Dapat disimpulkan bahwa penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Inqury DanThink Pair Share pada materi perdagangan internasional dapat meningkatkan aktivitasdan hasil belajar siswa di kelas XI IPS SMA Swasta Budi Murni 2 Medan TahunPelajaran 2013/2014. Hal ini berarti bahwa Kolaborasi Model Pembelajaran Inqury DanThink Pair Share ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaranekonomi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Cri p |
Keywords: | model pembelajaran inquiry; Think Pair Share; hasil beljar; hipotesis tindakan; analsis data |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Farida Hanum |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 09:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13982 |