Sitanggang, Valentina K (2014) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA KATOLIK ST. YOSEPH MEDAN T.P. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103141148 COVER.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7103141148 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (665kB) | Preview
7103141148 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
7103141148 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
7103141148 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
7103141148 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103141148 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7103141148 BAB I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7103141148 BAB V.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
7103141148 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
7103141148 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Katolik ST. Yoseph Medan T.P. 2013/2014. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar ekonomi siswa secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Katolik ST. Yoseph Medan T.P. 2013/2014 yang berjumlah 61 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling yaitu seluruh siswa kelas XI IPS SMA Katolik ST. Yoseph Medan T.P. 2013/2014 yang berjumlah 61 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0, diperoleh koefisien korelasi 0,390. Selanjutnya variabel motivasi belajar (X1) memiliki hubungan yang signifikan secara parsial dengan hasil belajar siswa dengan nilai sig<0.05 (0.042<0.05) dan thitung>ttabel (2,082>1,671), sementara persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru (X2) tidak memiliki hubungan yang signifikan secara parsial dengan hasil belajar siswa dengan nilai sig<0.05 (0.444>0.05) dan perbandingan thitung<ttabel (0,771<1,671). Secara bersama-sama motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru memiliki hubungan yang signifikan dengan hasil belajar ekonomi siswa dengan nilai sig<0,05 atau (0.008<0.05). Persentase sumbangan pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dengan hasil belajar ekonomi siswa sebesar 15,2%.Para siswa diharapkan memiliki motivasi yang kuat dan konstan yang timbul dari diri- sendiri, pihak sekolah dan guru bidang studi juga diharapkan memperhatikan dan menguasai keterampilan mengajar sebagai seorang guru, karena keterampilan guru dalam mengajar dapat menimbulkan persepsi bagi siswanya, baik itu persepsi positif ataupun persepsi negatif serta meningkatkan pemberian motivasi kepada siswa agar mengerahkan usaha belajarnya secara maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 330.071 2 Sit h |
Keywords: | motivasi belajar; persepsi; keterampilan mengajar guru; hasil belajar; variabel penelitian; analisis data |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13977 |