PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2013/2014

Pasaribu, Rolan (2014) PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 7103141122 COVER.pdf]
Preview
Text
7103141122 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
7103141122 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7103141122 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
7103141122 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
7103141122 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7103141122 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7103141122 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7103141122 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 BAB I.pdf]
Preview
Text
7103141122 BAB I.pdf - Published Version

Download (500kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 BAB V.pdf]
Preview
Text
7103141122 BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 7103141122 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7103141122 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi guru dan manajemen waktu belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan T.P 2013/2014.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan T.P 2013/2014 yang berjumlah 143 orang dan sampel yang diambil 50% dari populasi yaitu 72 orang dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi dan angket.Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus korelasi product moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus cronbach alpha.Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 18.0, diperoleh persamaan regresi linear berganda Y = 44.532 + 0.232X1 + 0.226X2 Selanjutnya variabel kompetensi guru (X1) tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 1,370, sedangkan ttabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 1,990 berarti thitung<ttabel (1,370<1,990) dan jika dibandingkan dengan taraf signifikansi dengan derajat kepercayaan 95% diperoleh 0.175 dan alpha sebesar 0.05 dengan sig>0.05 atau (0.175>0.05), sementara manajemen waktu belajar (X2) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap hasil belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,168 sedangkan ttabel pada taraf kesalahan 5% diperoleh sebesar 1,990 berarti thitung>ttabel (2,168>1,990) dan jika dibandingkan dengan taraf signifikansi yang diperoleh 0.034 dan alpha sebesar 0.05 dengan sig<0.05 atau (0.034<0.05) dengan derajat kepercayaan 95% . Secara bersama-sama kompetensi guru dan manajemen waktu belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan nilai Fhitung 6,124 sedangkan Ftabel dengan taraf kesalahan 95% diperoleh 3,12 berarti Fhitung>Ftabel (6,124>3,12) dan jika dibandingkan dengan taraf signifikansi sebesar 0.004 dan alpha 0.05 dengan sig<0.05 atau (0.004<0.05). Persentase sumbangan pengaruh kompetensi guru dan manajemen waktu belajar terhadap hasil belajar siswa sebesar 15,1%.Guru bidang studi diharapkan memperhatikan dan menguasai kompetensi guru dan setiap siswa-siswi agar lebih meningkatkan kemampuan memanajemen waktu belajar yang diharapkan sejalan dengan peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 330.071 2 Pas p
Keywords: kompetensi guru; manajemen waktu belajar; hasil belajar; variabel penelitian; analisis data
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
H Social Sciences > HF Commerce
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 21 Aug 2016 08:21
Last Modified: 24 Aug 2016 08:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13974

Actions (login required)

View Item
View Item