Sitorus, Isti hani Sofia (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK TENGKU AMIR HAMZAH INDRAPURA T.P 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
7103341043 COVER.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7103341043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (818kB) | Preview
7103341043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (356kB) | Preview
7103341043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
7103341043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
7103341043 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341043 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7103341043 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
7103341043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (531kB) | Preview
7103341043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7103341043 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
Abstract
Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran kewirausahaan di SMK Tengku Amir Hamzah T.P 2014/2015. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen.Penelitian ini merupakan jenis penelitian ekspeimen, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Tengku Amir Hamzah Tahun Pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI AP1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas XI AP2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 32 orang. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah semua jumlah populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan keseluruhan jumlah sampel sebanyak 64 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sebelumnya instrumen tersebut diuji cobakan untuk mengetahui validitas tes, relibilitas tes, uji taraf kesukaran tes dan uji daya pembeda tes.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem posing rata-rata pretest sebesar 38.90, sedangkan rata-rata postest sebesar 80, 46. Sementara untuk hasil belajar siswa kelas kontrol yang diajar dengan menggunakan model konvensional diperoleh rata - rata pretes sebesar 40 dan rata-rata postes sebesar 72, 34.Dari analisa data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk ( n1+n2-2) yaitu dk =.62. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung =3,945 dan ttabel =1,669 dengan demikian thitung > ttable (3,945 >1,669) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima, yaitu ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas XI AP SMK Tengku Amir Hamzah tahun pembelajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 658.421 071 9 Sit p |
Keywords: | model; pembelajaran; problem posing; langkah- langkah; konvensional; hasil belajar kewirausahaan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Mrs Intan Nurhidayati |
Date Deposited: | 21 Aug 2016 08:21 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 04:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/13965 |